Dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis terkini, perusahaan tidak hanya membutuhkan pendekatan inovatif, tetapi juga ketangguhan solusi teknologi. Dipercaya sebagai pemain inti di industri cloud, Amazon Web Services (AWS) menjanjikan infrastruktur dan layanannya dapat mempercepat transformasi digital bagi perusahaan. Untuk memaksimalkan potensi hyperscaler milik Amazon.com, Inc ke calon end user-nya ini, para mitra AWS yang terlatih dan terpercaya menjadi aset berharga yang perlu diperhitungkan.

Apa Itu AWS Partner Network (PAN)

AWS Partner Network (APN) adalah program kemitraaan terkait penyediaan solusi dan layanan yang memanfaatkan platform AWS. Para mitra terdiri dari perusahaan teknologi, sistem integrator, penyedia solusi, dan software developer dengan pengetahuan dan keahlian membangun, mengelola, dan mengoptimalkan infrastruktur cloud dengan menggunakan produk AWS.

Mitra AWS berperan penting dalam menjembatani pengguna dengan layanan dan teknologi AWS guna mencapai tujuan bisnis mereka. Dengan akses langsung kepada sumber daya, alat, dan dukungan teknis yang dipercayakan oleh AWS, para mitra ini membantu pelanggan untuk memperoleh solusi yang andal dan inovatif.

Mengapa AWS Mengembangkan AWS Partner Network

Latar belakang AWS Partner Network dimulai dengan perkembangan Amazon Web Services sebagai cloud computing provider terkemuka di AS, lalu merajai daftar hyperscaler skala global. Sejak didirikan oleh Amazon pada 2006, AWS tumbuh pesat dengan berbagai solusi inovatif untuk membantu organisasi dalam membangun, mengelola, dan mengoperasikan infrastruktur IT mereka di cloud.

Dalam perkembangannya, AWS menyadari pentingnya keberadaan ekosistem yang dapat memberikan value added pada pelanggan, sekaligus memperluas adopsi layanan AWS ke berbagai industri.

Oleh karena itu, pada 2012 diluncurkan lah AWS Partner Network (APN) sebagai program resmi untuk membangun dan memelihara kemitraan solid dengan organisasi lain yang ingin berkolaborasi dengan AWS.

APN dirancang untuk memberikan dukungan dan sumber daya kepada mitra dalam mengembangkan solusi dan layanan terintegrasi dengan platform AW. Tujuan utamanya adalah untuk membantu pelanggan AWS dalam mencapai kesuksesan di cloud dengan memastikan ketersediaan mitra yang berkualitas dan ahli di berbagai area.

Melalui APN, mitra AWS dapat mengakses berbagai sumber daya dan manfaat, termasuk dukungan teknis, pelatihan, pembiayaan, program pemasaran bersama, dan akses ke pelanggan dan pasar global. Para mitra juga bisa memperoleh status dan pengakuan khusus seperti AWS Competency, AWS Service Delivery, atau AWS Managed Service Provider (MSP), tergantung keahlian dan diferensiasi mereka dalam industri.

Dalam beberapa tahun terakhir, APN telah berkembang menjadi jaringan mitra yang luas dan beragam dengan ribuan mitra di sluruh dunia. Mitra APN berperan penting dalam membantu pelanggan AWS mengadopsi inovasi cloud, meningkatkan keamanan dan compliance, mengoptimalkan biaya, serta mencapai tujuan bisnis melalui platform AWS.

Kategori Program AWS Partner

Terdapat beberapa kategori yang termasuk program mitra AWS, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. AWS Consulting Partner

    Menyediakan layanan konsultasi dan bantuan teknis dalam merancang, memigrasi dan mengelola solusi di AWS. Terdiri dari tim ahli terlatih di berbagai area, seperti arsitektur cloud, keamanan, analisis data, dan pengembangan aplikasi.

  2. AWS Technology Partner

    Mengembangkan software dan solusi terintegrasi dengan layanan AWS. Penawarannya berupa aplikasi, produk, atau layanan tambahan yang dapat memperluas kemampuan dan fungsionalitas AWS, misalnya alat manajemen, solusi keamanan, atau platform analisis data.

  3. AWS Managed Service Providers (MSPs)

    Menawarkan solusi pengelolaan dan pengoperasian infrastruktur AWS untuk mendampingi pelanggan dalam mengolah, memantau dan mengoptimalkan lingkungan AWS mereka, termasuk dukungan 24/7, pemantauan kinerja, penanganan insiden, dan pemulihan bencana.

  4. AWS Resellers

    Membeli layanan AWS secara grosir dan menjualnya kembali kepada pelanggan mereka. Layanan yang dapat ditawarkan termasuk penjualan, support, dan penagihan khusus pengguna layanan AWS.

  5. AWS Training Partner

    Menyediakan pelatihan dan sertifikasi resmi untuk platform AWS kepada individu dan organisasi yang ingin meningkatkan product knowledge dan keahlian.

Keuntungan Bekerja dengan AWS Partner

Jika Anda ingin mengadopsi salah satu teknologi AWS, maka Anda perlu menghubungi mitra mereka untuk meminta pendampingan. Para mitra akan dengan senang hati membantu Anda memperoleh akses ke berbagai fasilitas yang ditawarkan AWS. Mulai dari akes ke pengetahuan dan pengalaman khusus, dukungan teknis tambahan, serta akses ke sumber daya pelatihan dan sertifikasi. Belum lagi akses ke jaringan luas mitra AWS untuk membantu pelanggan mengatasi tantangan bisnis demi mencapai tujuan bisnis dengan lebih maksimal.

Jika dijabarkan, berikut adalah sejumlah keuntungan yang Anda peroleh saat bekerja sama dengan mitra AWS:

  1. Pengetahuan dan Keahlian Mendalam

    Mitra AWS memiliki pengetahuan dan keahlian yang komprehensif dalam penerapan layanan AWS. Mereka terlatih dan telah memegang beberapa sertifikasi AWS, termasuk arsitektur cloud, keamanan, analisis data, pengembangan aplikasi, dan lain-lain. Dengan bekerja bersama mereka, Anda akan langsung dibantu oleh expert dalam merancang dan mengimplementasikan solusi AWS yang sesuai untuk kebutuhan bisnis.

  2. Solusi Ideal

    Mitra AWS dapat membantu merancang dan menerapkan solusi yang ideal dengan kebutuhan bisnis Anda. Mereka akan menganalisis kebutuhan, megidentifikasi saran terbaik, dan membantu mengoptimalkan infrastruktur AWS Anda. Dengan product knowledge AWS yang mumpuni, mitra AWS akan mengintegrasikan solusi tambahan yang relevan supaya potensi dan kinerja infrastruktur cloud Anda lebih maksimal.

  3. Dukungan Teknis Tambahan

    Mitra AWS menyediakan dukungan teknis tambahan untuk membantu proses trouble shooting yang mungkin Anda hadapi saat menggunakan layanan AWS. Mulai dari mengonfigurasi, problem solving, monitoring, serta perbaikan lain sesuai kebutuhan. Dengan demikian, kinerja terjamin optimal dan risiko kerugian akibat gangguan teknis bisa diminimalisir.

  4. Akses ke Sumber Daya Pelatihan dan Sertifikasi

    Mitra AWS memberikan akses ke sumber daya pelatihan dan sertifikasi AWS. Mereka dapat membantu tim Anda mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan produk-produk AWS. Pelatihan dan sertifikasi ini dapat meningkatkan kinerja, serta memaksimalkan investasi di infrastruktur cloud, selain pemanfaatan AWS dapat lebih dioptimalkan.

  5. Jaringan Mitra AWS yang Kuat

    Bekerja dengan AWS partner membuka pintu ke jaringan luas dari sesama mitra. Hal ini menciptakan kesempatan kolaborasi dengan perusahaan lain pengguna AWS, transfer knowledge, serta mempelajari praktik terbaik dalam penerapan solusi cloud. Jaringan mitra AWS yang solid juga dapat memberikan peluang bisnis dan kemitraan strategis untuk ekspansi bisnis.

Dengan semua keuntungan ini, bekerja dengan mitra AWS membuat Anda mudah memaksimalkan potensi AWS, mengurangi kesulitan, dan menghadirkan solusi andal lagi inovatif bagi bisnis.

AWS x CBNCloud: Solusi Layanan Cloud dari Hulu ke Hilir

Sebagai salah satu AWS partner terpercaya, CBNCloud menyediakan layanan dan solusi berbasis AWS kepada pelanggan. Dengan pengetahuan mendalam tentang AWS, kami siap memfasilitasi Anda dengan inovasi teknologi terkini dan rangkaian solusi menyeluruh dari hulu ke hilir.

Guna mengoptimalkan performa bisnis dan meningkatkan profitabilitas jangka panjang, cloud expert kami yang tersertifikasi telah membantu ratusan organisasi dari industri multisektor untuk memigrasikan beban kerja krusial, menempatkan aplikasi di multi-cloud, dan menempatkan data sumber daya berskala besar di Indonesia.

Dengan memercayakan solusi AWS Anda kepada kami, Anda akan menuai OpEx yang lebih efisien dengan hasil lebih baik. Layanan AWS juga memungkinkan Anda untuk memilih teknologi yang fleksibel dan sesuai kebutuhan, selain konektivitas private ke Amazon VPC dan interkoneksi ke lingukungan hybrid (multicloud).

Pendampingan kami mencakup akses ke AWS Direct Connect, cloud migration, konsultasi dan managed services. Setiap solusi akan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan skala prioritas Anda saat ini.

Jadwalkan meeting dengan kami untuk membahas rangkaian solusi coud menyeluruh yang dirancang khusus untuk perusahaan Anda. Apa pun kebutuhan cloud Anda, berinteraksi dengan tim Sales dan Support kami sesederhana mengirimkan email, mengisi formulir permintaan layanan, atau menelepon Call Center.

Jika Anda masih mempertimbangkan untuk mengadopsi produk-produk AWS karena kurangnya tim pendukung internal, solusi Managed Services dari kami bisa menjadi pilihan ideal.

Jadi tunggu apa lagi?

HUBUNGI KAMI:
sales@cbncloud.co.id
+6221 2996 4977 ext. 6800
cbncloud.co.id

Kami Ada untuk Anda

Call Center

Hubungi Tim Sales kami untuk tentukan jadwal presentasi.

Support

Tim Technical Support kami yang berpengalaman dan tersertifikasi selalu siap membantu Anda hanya dengan sekali klik atau panggilan telepon. Kapan pun, di mana pun.

Member Center

Masuk sebagai member dan nikmati beragam solusi kami untuk bisnis Anda.